Tuesday, March 25, 2008

KBB#4 - Chocolate Swirl Meringues



















meringue oh meringue..!
berpikirpun tidak daku untuk membuatnya..eh malah tantangan dr KBb yg ke-4 ini diminta untuk buat..
ya udah..berdasarkan komitment untuk belajar..maka dakupun membuatnya..

English version
Chocolate Swirl Meringues
Source: Taste.
Makes 6. (Untuk 6 porsi (besar), 10 porsi (kecil))

4 egg whites
225g caster sugar
1 tsps cornflour
1 rounded Tbs cocoa powder
thickened cream to serve

Preheat the oven to 150C fanbake. Line a baking tray with baking paper. Put the egg whites and caster sugar in a large heatproof bowl and sit over a pan of simmering water. Don't let the bottom of the bowl touch the water or the egg whites will scramble. Stir with a wooden spoon until the sugar has completely dissolved and the mixture is quite hot to touch, then immediately remove from the heat.Whisk egg white mixture using a hand-held electric beater for about 10-15minutes until very thick, white and glossy. Mix in the cornflour. Sieve in the cocoa powder and, using a large metal spoon, very lightly fold into themeringue using 2-3 strokes. Don't mix it thoroughly.Spoon the mixture (you can pipe it with the piping bag, if you wish) ontothe prepared baking sheets in 6 large spoonfuls, making each one as peaky as possible (don't have to do this when you want to make 10 smallmeringues). Put the baking tray in the oven, reduce the temperature to120C and cook for 1 hour 15 minutes. Turn off the oven and leave themeringues inside until completely cold. Serve with thickened cream.

Indonesian version
Chocolate Swirl Meringues
Sumber: Taste. (Untuk 6 porsi (besar), 10 porsi (kecil))
4 putih telur
225g gula kastor
1 sdt tepung maizena
1 sdM coklat bubuk
thickened cream untuk sajian
Panaskan oven suhu 150C fanbake (kalo ga punya fanbake pake 120C aja,setting bake). Campur putih telur dan gula di dalam mangkuk tahan panas yangdiletakkan di atas panci berisi air panas. Jangan sampai pantat mangkukmenyentuh air karena putih telur akan bergumpal-gumpal. Aduk pakai sendok kayu hingga gula betul2 larut dan adonan terasa panas jika disentuh, lalu angkat dari kompor.Kocok adonan putih telur dan gula ini menggunakan mixer selama 10-15 menitsampai betul2 kental, putih dan mengkilap. Masukkan tepung maizena. Ayak coklat bubuk, lalu masukkan ke dalam adonan meringue menggunakan sendokmetal dengan 2-3 kali aduk. Jangan aduk sampai rata.Sendokkan (diijinkan menggunakan piping bag) ke atas loyang 6 buah.Buatlah setiap tumpukan setinggi mungkin (kecuali jika ingin membuat 10 buahmeringue kecil). Masukkan ke dalam oven, turunkan suhu seketika ke 120C(yang tadi menggunakan 150C fanbake, jika yang menggunakan setting bake 120Ctidak perlu menurunkan suhu oven lagi) dan panggang selama 1 jam 15 menit(tergantung panasnya oven masing-masing ya-ab). Matikan oven dan tinggalkanmeringe di dalamnya sampai betul-betul dingin. Sajikan dengan krim kental.
ini cara2 aku buatnya :
























































































aku sajikan pake whipped cream yg dikasih DCC ..trus dikaih jeruk mandarin supaya ada rasa asem2nya..hmmmmm..yummy...!
ada yg mau..??

17 comments:

not active said...

kayaknya emang asik dipadukan dgn yg asem2 :D

not active said...
This comment has been removed by the author.
ezza's said...

koq punya kita mirip ya tekstur merengnya...

mae said...

nice meringue! mau satu dong...sayang punyaku ga sempet ditopping kyak gitu...

mamanyachris said...

Ezza, sehati itu namanya..hihi

mamanyachris said...

Mae,banyak juga boleh kok..

mamanyachris said...

not active, yup..yummy banget..manis,pait,asem..
hmmmm...

kartika said...

whaaa.... ampir sama dey penampakannya, coklatku tapinya lebih banyak... alhasil gak dapet putihnya tuw...

Arfi Binsted said...

huhuiiii dah liat duluan tp komennya kesimpen ga di chat kita kemaren? hihihi... nyam nyam, lan? kepengen bikin lagi? *kabuuuuuuuuur*

Sofie said...

wah.. kayaknya mereng dicelupin ke ganache enak banget tuh mba...
mauuuu.. :D

Widya Hidayat said...

Bagus texture Mereng nya ^_^
Salam sesama KBBers

sarifatmi said...

mmmmm.... kyknya enak tuh mba, bagus lagi, putih banget. Mateng sampe ke dalem kan mba?

mamanyachris said...

kartika,ngaduk coklat bubuknya 2-3 kali aja..biar gak jadi coklat..
hayuu semangat coba lagi..

mamanyachris said...

arfiiii..komennya ada di chat..
bikin lagi...? dipertimabgkan deh..mengingat waktu bakingnya yg lama..hihihi

mamanyachris said...

sofie..sumpe enak bgt..mereng + coklat..terakhir ma'em orangenya..hmmm.. lekeer..

mamanyachris said...

widya--*blusing..blushing..* msh kudu byk belajar wid..
salam kkb'er juga..^_^

mamanyachris said...

sari -- yup,mateng sampe dalam..cuman retak..n "ngiler" pas di panggang..